Klasik

Pelinggih Memohon Kesembuhan bagi Anak Terlambat Bicara di Desa Kapal

 Senin, 01 Agustus 2022

Sejarahbali.com

IKUTI SEJARAHBALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Sejarahbali.com, Badung - 

Pelinggih Memohon Kesembuhan bagi Anak Terlambat Bicara di Desa Kapal Dari sekian banyak pelingih di Bali, salah satunya pelinggih berada di Banjar Adat Gegadon, Desa Adat Kapal, Kecamatan Mengwi, Badung misalnya.

Diyakini sebagai tempat memohon kesembuhan bagi anak-anak terlambat berbicara. Pelinggih tepat berdiri pinggir jalan. Pelinggih tersebut, bernama Pelinggih Sang Hyang Iswara atau Temuku Telu.

Adapun kisah keberadaan pelinggih tersebut menurut, Kelihan Banjar Adat Gegadon, I Ketut Suta saat ditemui di disekitar pelingih belum lama ini mengatakan, dari cerita para tetua, sebelum dibangun pelinggih di zaman dahulu telah adalah, tempat pembagian air untuk subak atau biasa disebut temuku.

Temuku tersebut kemudian dinamakan Temuku Telu sebagai istilah memudahkan memberi informasi soal pengairan subak. Ternyata tempat pembagian air untuk subak tersebut lama kelamaan akhirnya diyakini sebagai tempat memohon kesembuhan bagi anak-anak yang terlambat bicara. Akibat cerita dari mulut ke mulut membuat banyak orang mulai berdatangan ke pelinggih.


Halaman :


Sejarah Bali Sejarah Bali Pelinggih Banjar Adat Gegadon Kapal Mengwi Badung



Tonton Juga :











Sejarah Terpopuler





TRENDING TERHANGAT