Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Baris Cina Warisan Sakral Kota Denpasar

@edohedo_, @suryatama_pt

Baris Cina merupakan salah satu Tarian sakral yang ada dan dilestarikan di Denpasar. Tari Baris Cina disakralkan oleh warga penyungsungnya di Kelurahan Renon, tepatnya di Banjar Kelod – Renon.

Baca juga: Omed-Omedan, Tradisi Unik Kota Denpasar

Sebagai tarian sakral, Baris Cina hanya dipentaskan di Pura Baris Cina itu sendiri, di Pura-pura dalam lingkungan desa Pekraman Renon dan juga di Pura-pura terkait seperti Pura Blanjong – Sanur, Pura Petitenget – kuta, Pura sakenan serta beberapa Pura lain sesuai dengan petunjuk yang ada.
 

Alat musik pengiring Tari Baris Cina Gong Beri, menurut masyarakat setempat, Gong tersebut dibawa oleh para leluhur mereka ketika pindah dari Blanjong menuju kawasan Renon. Ketika itu Gong Beri hanya terdiri dari dua buah Gong yaitu Ber dan Bor.

Baca juga: Jelajah Pusaka Angkat Sejarah Kota Denpasar

Dalam penelitiannya, Prof. Dr. I Wayan Rai S., MA. menemukan bahwa Gong Beri – Ber dan Bor – berasal dari daratan Cina, dimana dpersamaan dari Gong Beri masih ditemukan di Thailand yg hingga kini digunakan dalam upacara perkawinan. Demikianhalnya dengan keberadaan Gong Beri di Renon, yg pada awalnya digunakan dalam pesta pernikahan.

Baca juga: Armada Racun, Geng Legendaris Kota Denpasar

Tarian Baris Cina tercipta ketika Gong Beri telah ditambahkan berbagai instrument lain, seperti kendang, tawa-tawa, ceng-ceng dan sebagainya, sehingga menjadi satu Barungan. Diawali dengan adanya warga yang trance dan berbicara bahasa Cina, maka dipilihlah nama Baris Cina sebagai nama tariannya.


TAGS :

Komentar