Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Catatan Perbaikan Masjid Nurul Huda Kampung Gelgel, tahun 1860

kampungislamgelgel.com

Bali dikenal sebagai pulau dewata dengan penduduk mayoritas beragama Hindu. Sedangkan Islam merupakan agama minoritas terbesar dengan jumlah penganut sebesar 520ribu jiwa atau setara dengan 13,37 persen dari total penduduk Bali yg sdg mencapai 4.2juta (Data thn 2018).

Baca juga: Pelinggih Mobil di Pura Paluang Nusa Penida, Klungkung

Di tengah-tengah kehidupan masyarakat Hindu yang sarat dengan ritual dan tradisinya yang kental, masyarakat Muslim Bali mampu berbaur dgn umat mayoritas dgn nuansa toleransi yg indah, dan menjadi warna tersendiri bagi para wisatawan.

Baca juga: Jembatan Tukad Unda Klungkung Tahun 1921 dan Tahun 2014

Kampung Gelgel dipercaya sebagai permukiman muslim tertua di Bali. Dari kampung Gelgel Klungkung  inilah sejarah lahir dan tumbuhnya komunitas Islam di Pulau Dewata.

Baca juga: Keindahan Pantai Dan Pura Watu Klotok

Di kampung ini banyak ditemukan jejak-jejak penyebaran Islam, salah satunya adalah Masjid Nurul Huda, sebuah masjid tertua di Bali, sehingga tidak mengherankan Gelgel disebut sebagai kampung Islam.

Baca juga: Sejarah Desa Takmung, Banjarangkan, Klungkung

Saat ini setidaknya ada sekitar 280 kepala keluarga atau sekitar 700 jiwa yg hidup di desa tersebut. Selain itu, di Desa Gelgel, terdapat tradisi “Rodatan” yakni sebuah pentas  musik islami yg dimainkan warga sekitar pada bulan-bulan tertentu.

Baca juga: Kerajaan Klungkung

Islam diyakini sudah menyebar di Desa Gelgel sejak lama. Penduduk sekitar percaya bahwa sejarah masuknya Muslim ke desa mereka berawal saat Raja Gelgel, Ketut Dalem Klesir, berkunjung ke Majapahit. Saat pulang ke Klungkung, Ketut Dalem dikawal empat puluh prajurit muslim dari Majapahit.

Sebagian prajurit ini kemudian tak kembali ke Majapahit. Dgn seizin raja, mereka memilih untuk menetap di Klungkung, mendirikan Masjid Nurul Huda, dan berketurunan.

Baca juga: Potret Gadis di Klungkung

Pasukan Muslim Majapahit inilah yang dipercaya sebagai penyebar Islam pertama di Bali. Hingga kini Masjid Nurul Huda tetap terawat dengan baik dan menjadi kebanggaan warga setempat.

Baca juga: Pura Krangkeng, Nusa Penida, Klungkung

Sementara hubungan antara warga muslim kampung Gelgel dan masyarakat Hindu sekitarnya juga berjalan harmonis dan penuh toleransi.


TAGS :

Komentar