Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Asal Mula Barong Di Bangli

SejarahBali.com/artstudioamuba

Barong di Bangli mungkin memiliki keunikan tersendiri. Dari jumlah dan jenisnya saja barong yang ada di Bangli sudah bisa dikatakan unik.

Baca juga: Sejarah Keberadaan Arca Megalitik di Pura Ulun Suwi, Bangli

Di kabupaten dingin ini diperkirakan ada 50 barong yang terdiri atas beraneka ragam jenis, meliputi Barong Ket, Barong Macan, Barong Belas-belasan (terdiri atas beraneka ragam tapel), dan Barong Landung.

Baca juga: Bangli Miliki Seni dan Budaya Unik

Bagaimana awal kisah keberadaan barong di Bangli, belum ada sebuah prasasti pun yang menunjuk angka tahun pasti.

Baca juga: Sejarah Pura Geria Sakti Bukit Bangli

Namun, dari cerita rakyat yang berkembang turun-temurun dari masa ke masa, barong yang pertama kali berada di Bangli adalah barong bermata tiga dan rangda bermata 11 yang sampai kini di-sungsung oleh masyarakat Desa Pengotan Bangli.

Menurut I Gusti Mangku Ketut Punia, seorang tokoh babad di Bangli, kisah bermula dari keberadaan seorang panjak (hamba) asal Desa Pengotan yang sedang membuat ukiran. Saat tengah mengerjakan ukirannya itulah ia mendapat wahyu untuk membuat barong.

Baca juga: Pura Luhur Indrakila - Bangli

Bertepatan dengan itu tapel barong yang muncul bagaikan bayangan bermata tiga. Dalam proses lanjutannya, pengerjaan tapel tersebut berdasarkan tuntunan alam gaib, sampai seluruhnya dapat ia dirampungkan.


TAGS :

Komentar