Asal usul

Ide Rancangan Ogoh Ogoh Berteknik Tradisional Dikawinkan Dengan Teknologi

 Sabtu, 29 Oktober 2022

Sejarahbali.com

IKUTI SEJARAHBALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Sejarahbali.com, Denpasar - 

Berawal dari kendala banyaknya bentangan kabel-kabel listrik di sepanjang jalan raya.Yang akhirnya sedikit menggangu khususnya saat ogoh-ogoh diarak dan melitas dalam pelaksanaan Pengerupukan sebelum perayaan Nyepi.

Kemudian bentangan kabel-kabel juga menghambat kreasi dalam pembuatan ogoh-ogoh khususnya menyangkut tinggi dari ogoh-ogohnya.Menghadapi masalahan tersebut, akhirnya salah satu pemuda asal Banjar Tainsiat, Denpasar yang juga seorang Seniman Ogoh-ogoh, Nyoman Gede Sentana Putra (Kedux), berinovasi dalam merancang ogoh-ogoh yang dapat mengatasi kendala dihadapi tersebut.

Akhirnya Kedux sapaan akrab seniman ogoh-ogoh ini, memiliki ide mencoba mengawinkan rancangan ogoh-ogoh dengan teknik tradisional dengan sentuhan teknologi.Sehinga, bagaimana nantinya ogoh-ogoh saat diarak dapat ditidurkan serta diberdirikan kembali setelah melintasi bentangan kabel-kabel tersebut secara otomatis.

Dari menghadapi kendala tersebut akhirnya Dirinya mampu melahirkan karya seni ogoh-ogoh dengan pakem tetap mengusung tradisi berpadu dengan sentuhan teknologi.

"Setelah membuat lagi dan lagi ogoh - ogoh dengan regulasi 5 meter.Jadi, dari sekian kali membuat ogoh- ogoh ketemu lagi jenuhnya.Akhirnya, bukan ogoh-ogoh yang membuat jenuh namun fasilitas umum yakni fasitas kabel-kabel yang membuat kita tidak bisa membuat ogoh-ogoh berukuran lebih besar, " katanya.

Jadi kala itu, Dirinya berkeinginan membuat ogoh-ogoh yang setelah tidur dapat berdiri kembali.Jadi, biar dapat secara megahnya sebuah karya serta bisa diarak ke jalan.

"Akhirnya saya mempunyai ide membuat ogoh-ogoh agar bisa bergerak namun bergerak itu bisa turun disaat ada kabel-kabel saja.Bukan bergerak terus jadi, disaat melewati kabel ogoh-ogoh bisa berdiri lagi dan megah lagi, " ujarnya.

Konsep dasar awal membuat ogoh-ogoh tersebut dengan bantuan teknologi karena, saya mempunyai teknologi hidrolik kala itu.


Halaman :


Sejarah Bali Bali Sejarah Ide Rancangan Ogoh Ogoh Tradisional Dikawinkan Teknologi


Tonton Juga :



Asal usul Lainnya :










Sejarah Terpopuler





TRENDING TERHANGAT