Asal usul

Mitos Tidak Boleh Makan Di Depan Pintu, Tesemat Cerita Narasimha Dengan HIranyakasipu

 Rabu, 14 September 2022

SejarahBali.com

IKUTI SEJARAHBALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Sejarahbali.com, Denpasar - 

Dibeberapa daerah di Bali memiliki berbagai mitos yang dipercaya secara turun-temurun oleh masyarakat setempat. Mitos biasanya dikaitkan dengan hal-hal mistis Serta, sebagian masyarakat masih mempercayainya hingga saat ini.

Salah satunya mitos, tidak boleh duduk di depan pintu (di Abegan pintu) ketika makan. Larangan makan sambil duduk di depan pintu mungkin logikanya, dapat menghalangi seseorang keluar masuk pintu. 

Akan tetapi dibalik mitos tersebut, tersemat cerita serta telah tertulis juga dalam Purana Bali. Hal tersebut disampaikan, salah satu Dosen Prodi Teologi Hindu Fakultas Brahma Widya, Universitas Hindu Negeri  I Gusti Bagus Sugriwa, Denpasar, Acyutananda Wayan Gaduh, S.Pd.H., M.Ag, mitos tersebut berkaitan dengan cerita Narasimha (Avatara Wisnu) dengan musuhnya Hiranyakasipu (Raja Jahat).

Dirinya menceritakan, Hiranyakasipu adalah, tokoh antagonis yakni, raksasa yang sangat jahat tetapi sangat tekun berdoa.

Karena, ketekunannya tersebut membuat Hiranyakasipu mendapat anugrah tidak bisa dibunuh di dalam maupun di luar ruangan, Tidak dapat dibunuh oleh senjata apapun, Tidak dapat dibunuh baik siang maupun pada malam hari serta Tidak dapat dibunuh oleh Dewa, manusia maupun binatang. 


Halaman :


Sejarah Bali Bali Sejarah Asal Usul Denpasar Mitos Cerita Narasimha Dengan HIranyakasipu


Tonton Juga :



Asal usul Lainnya :










Sejarah Terpopuler





TRENDING TERHANGAT