Cerita

Mujair Nyatnyat Bangli Buat Lidah Bergoyang

 Rabu, 13 Agustus 2014

Sejarahbali.com

IKUTI SEJARAHBALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Sejarahbali.com, Bangli - 
Ikan mujair yang hidup di air tawar bisa diolah menjadi berbagai jenis masakan dengan cita rasa berbeda mulai digoreng hingga dibakar. Di Kabupaten Bangli, Bali, ikan mujair diolah menjadi hidangan lezat yang disebut dengan Mujair Nyatnyat. 
 
 
Rumah makan yang menjual menu Mujair Nyatnyat ini terletak di areal parkiran Pura Dalem Pingit, wilayah Banjar Kawan, Desa Kawan, Kabupaten Bangli, sekitar 50 kilometer timur laut Kota Denpasar. Setiap harinya, rumah makan sederhana ini selalu dipenuhi pembeli yang ingin mencoba kelezatan menu mujair nyatnyat. 
 
Untuk membuat masakan mujair nyatnyat ini diperlukan beberapa macam bumbu seperti bawang merang, bawang putih, cabe merah, kemiri, dan gabungan beberapa jenis bumbu rempah yang disebut 'base genep' (bumbu lengkap). Semua jenis bumbu ini kemudian diulek dengan ditambahkan penyedap seperti garam dan jeruk nipis. 
 
 
Untuk ikan mujair, dipilih ikan mujair segar ukuran sedang yang didatangkan langsung dari daerah Batur, Kintamani. Sebelum digoreng, ikan mujair direndam dengan air berisi bawang putih, ketumbar, jeruk nipis, dan garam selama sepuluh menit agar ikan tidak berbau amis.
 

Halaman :


Sejarah Bali Sejarah Bali Wisata


Tonton Juga :











Sejarah Terpopuler





TRENDING TERHANGAT