Histeria

Museum Semarajaya Kerta Gosa

 Jumat, 15 Agustus 2014

Sejarahbali.com

IKUTI SEJARAHBALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Sejarahbali.com, Bangli - 

Mungkin banyak dari anda yang belum tahu kalau di dalam komplek Taman Gili Kerta Gosa terdapat sebuah museum yaitu Museum Semarajaya. Museum Semarajaya dibangun pada Gedung Bekas Sekolah MULO (Sekolah Menengah Jaman Belanda) dan bekas SMPN I Klungkung yang terletak dalam komplek Kertha Gosa dan Pemedal Agung (pintu bekas kerajaan Klungkung), tepatnya di Jalan Untung Surapati, Klungkung.

Di dalam Museum dipamerkan barang-barang dari jaman prasejarah sampai benda-benda yang dipergunakan selama perang puputan Klungkung. Museum Semarajaya diresmikan oleh Menteri Dalam Negeri pada tanggal 28 April 1992. Dalam Museum ini dapat dilihat barang-barang yang dipergunakan sebagai perlengkapan upacara adat oleh raja-raja Klungkung serta foto-foto dokumentasi keturunan raja-raja di Klungkung.
 
Jika anda jalan-jalan ke Kerta Gosa, tidak ada salahnya anda juga mampir ke ini, karena letaknya juga dalam komplek taman tepatnya di sebelah barat Taman Gili Kerta gosa. Bangunan museum memiliki gaya arsitektur unik yang mengesankan yaitu perpaduan dari arsitektur gaya Belanda jaman dulu dengan arsitektur tradisional Bali.
 
 
Gedung tersebut memang dibangun pemerintah Belanda setelah runtuhnya kerajaan Klungkung pada tanggal 28 April 1908, jadi jelasnya gedung tersebut dibangun pada tahun 1920. Kini gedung yang penampilannya lain daripada yang lain diantara gedung-gedung yang ada di lingkungan wilayah tersebut, dipergunakan oleh pemerintah Daerah Kabupaten
 
Daerah Tingkat II Klungkung sebagai gedung Museum Semarajaya, setelah mendapat rehab yang intensif. Gedung ini memang menonjolkan kharismanya tersendiri dan menimbulkan daya pesona bagi siapa saja yang memandangnya terutama bagi wisatawan mancanegara maupun nusantara yang banyak berkunjung ke komplek Kertha Gosa.

Penulis : TImLiputan

Editor : SejarahBali



Sejarah Bali Sejarah Bali Wisata



Tonton Juga :











Sejarah Terpopuler





TRENDING TERHANGAT