Kultur

Pura Ulun Subak Bukit Jati

 Rabu, 13 Agustus 2014

Sejarahbali.com

IKUTI SEJARAHBALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Sejarahbali.com, Buleleng - 
Pura Bukit Jati merupakan Pura Dangkhayangan. Pura ini sebagai hulun subak yang di-empon oleh warga subak basah dan abian di Kabupaten Bangli. Pura yang belum diketahui angka pasti tahun berdirinya ini telah menjadi simbol kesejahteraan petani di Bangli. Pura ini juga sebagai salah satu perlambang kesuburan ekonomi masyarakat Bangli. Apa saja makna di balik bangunan Pura Bukit Jati itu?
 
 
Begitu memasuki Pura Bukit Jati, udara terasa sejuk. Rasa damai pun masuk ke relung
 
hati. Begitu dahsyatnya ciptaan Tuhan (Hyang Widhi Wasa). Pura ini berlokasi di Dusun Guliang Kawan Desa Bunutin, Bangli. Bangunan suci ini berdiri kokoh di atas Bukit Jati.
 
 
Orang-orang yang memperdalam spiritual akan sangat menyukai tempat ini. Keasrian pura ini belum begitu banyak dijamah manusia. Dari areal pura ini akan terlihat panorama indah kawasan persawahan serta Bali bagian selatan bersama lautnya yang membiru. Keindahan panorama yang bisa dinikmati dari wilayah ini semakin memperkuat daya magis yang terpancar dari pura ini. Tidak salah kini Pemkab Bangli getol mempromosikannya sebagai salah satu tempat wisata alam.
 

Halaman :


Sejarah Bali Sejarah Bali Wisata


Tonton Juga :











Sejarah Terpopuler





TRENDING TERHANGAT