CERITA MISTERI DIBALIK GUNUNG AGUNG DI BALI

  • 12 Oktober 2020

Gunung Agung yang merupakan gunung tertinggi di Provinsi Bali menyimpan deretan cerita misteri. Gunung yang terletak di Kabupaten Karangasem ini juga terdapat tempat suci Pura Besakih.

Yang konon merupakan tempat diturunkannya wahyu Tuhan oleh Hyang Rsi Markendya. Yaitu orang suci yang pertama mengajarkan dan menyebarkan agama Hindu Dharma di Bali pada masa itu.

Adapun cerita misteri yang terdapat dari gunung ini yakni tentang segerombolan anjing liar. Jika Semeton mendaki Gunung Agung, hendaknya tidak usah takut jika bertemu dengan sekawanan anjing yang biasanya mengikuti.

Anjing-anjing ini biasanya muncul setelah melewati gerbang pertama pendakian, yaitu setelah Pure Besakih. Konon, anjing-anjing ini bisa menjadi penolong saat kita tersesat, tapi hanya untuk orang-orang yang hati dan jiwanya bersih.

Misteri selanjutnya tentang keberadaan Kera Putih. Kera Putih ini dipercaya sebagai utusan dari Ida Batara yang menjaga keutuhan Gunung Agung. Dalam ajaran Hindu, Kera Putih identik dengan mitos Anoman, salah satu dewa sekaligus tokoh protagonis dalam wiracarita Ramayana yang terkenal.

Anoman adalah seekor kera putih dan merupakan putera Batara Bayu dan Anjani. Kera Putih di Gunung Agung ini juga dipercaya sebagai membawa berita baik. Biasanya muncul di hari-hari besar seperti Karya Pujawali di Pura Pasar Agung.

Para pendaki Gunung Agung dan pemangku ritual juga kerap melihat penampakan kera putih ini. Menurut Pamangku pura pasar Agung, ada 3 kera putih penghuni 2 betina dan satu jantan.

Untuk menjelajahi Gunung Agung, biasanya harus ditemani orang suci. Hal ini dilakukan karena gunung tersebut masih dianggap suci.

Komentar