MENGUNGKAP MISTERI PATUNG BAYI SAKAH

  • 19 Oktober 2020

Patung Bayi yang berukuran raksasa bernama Patung Bayi Sakah. Patung ini berada di jalan Raya Sakah, Batuan Kaler, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali.

Patung ini memiliki cerita mistis membuat bulu kuduk merinding. Walaupun terletak di tengah keramaian, tidak menghilangkan kesan horror di tempat ini, apalagi jika Semeton mengunjungi patung bayi ini pada malam hari.

Konon sering orang mendengar suara tangisan bayi di tempat ini ketika bulan purnama. Yang diyakini warga berasal dari patung bayi raksasa di pertigaan tersebut.

Banyak pengunjung juga  mengaku, kerap mendengar suara tangisan bayi yang berasal dari areal Patung Bayi tersebut. Kejadian aneh macam itu, hanya mengingatkan warga setempat dan pengunjung bahwa patung tersebut memiliki nilai magis, selain digunakan untuk persembahyangan biasa, tidak jarang ada yang nangkil untuk memohon keselamatan.

Dikatakan sebagian besar orang berkunjung kesana adalah orang yang sudah menikah lama, namun belum memiliki anak, warga meyakini bahwa banyak orang yang berkunjung kesana memohon agar dikaruniai keturunan

Diketahui, patung bayi tersebut adalah simbol Hyang Siwa Budha, yang diwujudkan dalam bentuk patung bayi. Ide untuk membangun patung itu berawal dari niat mantan Bupati Gianyar Cokorda Darana pada tahun 1989.

Kala itu, Bupati Gianyar mengajak sejumlah ahli sejarah dan prajuru desa Batuan untuk melaksanakan rapat. Tujuan rapat itu adalah untuk membahas kehendak Bupati Darana untuk membuat patung di semua simpang tiga, simpang empat yang ada di Gianyar.

Wujud bayi dipilih karena sesuai filosofi bahwa bayi adalah simbol kelahiran manusia di dunia, perwujuadan bayi namun sudah pintar dengan pengetahuan sastra.

Tidak mengherankan tempat mistis dan dianggap angker ini setiap harinya selalu ada saja menghaturkan sesajen.

Komentar