Klasik

Sejarah Pura Geria Sakti Bukit Bangli

 Senin, 13 Mei 2019

https://kitasehati.com/campaign/pura-geria-sakti-bukit-bangli/

IKUTI SEJARAHBALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Sejarahbali.com, Buleleng - 

Sejarah Pura Geria Sakti Bukit Bangli tak terlepas dan memiliki hubungan historis yang kuat dengan keberadaan Pura Geria Sakti Manuaba, Tegalalang, Gianyar. Meski di emong oleh semeton brahmana bukit Bangli, namun Pura Geria Sakti Bukit Bangli ramai di kunjungi umat dari berbagai daerah di Bali terutama saat pujwali/ podalan pura ini.

Pura Geria Sakti Bukit Bangli awalnya hanya memiliki dua pelinggih utama, yaitu sanggar tawang dan Candi, tempat/ sthana Ida Bhatara Sakti Wawu Rauh, yang kini sedang di renovasi karena usia. Dengan bakti tulus para umat, dalam perkembangannya, Pura Geria Sakti Bukit Bangliakhirnya

berdiri menjadi Pura Dang Kahyangan yang memiliki struktur pelinggih lengkap sebagai tempat pemujaan kepada Ida Shang Hyang Widi Wasa, Ida Bhatara Sakti Wawu Rauh, Ida Bhatara Sakti Manuaba, Ida Bhatara Sakti Melanting dan Ida Sesuhanan lainnya.

Menjadi kebahagiaan jika kita dapat berbakti pada sesuhunan, dengan jalan dan cara apapun. Salah satunya, dengan berdana punia (donasi) untuk mendukung renovasi dan pelestarian Pura Geria Sakti Bukit Bangli sebagai salah satu Pura Stana Ida Bhatara Sakti Wawu Rauh.

Penulis : TImLiputan



Sejarah Bali Sejarah Bali Wisata


Tonton Juga :











Sejarah Terpopuler





TRENDING TERHANGAT