Cerita

Museum Bali, Rekaman Jejak Sejarah Perkembangan Budaya Bali

 Kamis, 15 Juni 2023

Museum Bali, Rekaman Jejak Sejarah Perkembangan Budaya Bali

IKUTI SEJARAHBALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Sejarahbali.com, Denpasar - 

Di antara sekian banyak museum seni budaya yang tersebar di Bali, ada satu museum yang menyimpan kekayaan budaya tradisional Bali sejak dahulu kala. Museum yang dimaksud adalah Museum Bali.

Museum Bali terletak di Jalan Mayor Wisnu, di sisi timur Lapangan Puputan Badung, Denpasar. Sejak awal didirikan, museum ini memang dirancang sebagai referensi etnografi masyarakat Bali sejak zaman pra-sejarah hingga saat ini.

Pembangunan Museum Bali tidak terlepas dari keresahan seniman Belanda yang menetap di Bali. Pada awal abad 19, Bali mulai menarik perhatian dunia barat. Banyak orang Eropa dengan berbagai latar belakang yang datang dan menetap di pulau ini. Orang-orang Eropa tersebut tertarik dengan berbagai hasil kerajinan masyarakat Bali.

Aneka karya kerajinan seperti patung, ukiran, perhiasan, lukisan, serta karya-karya lainnya menjadi buruan para kolektor dari luar negeri. Semakin lama, sedikit demi sedikit peninggalan budaya tradisional dari Bali dibawa keluar dari pulau tersebut. Benda-benda itu dijadikan cenderamata ketika para wisatawan kembali ke negara masing-masing.


Halaman :


Sejarah Bali Bali Sejarah



Tonton Juga :











Sejarah Terpopuler





TRENDING TERHANGAT