Klasik

Kerajaan Samprangan

 Selasa, 24 Maret 2015

Sejarahbali.com

IKUTI SEJARAHBALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Sejarahbali.com, Denpasar - 

Kerajaan Samprangan adalah kerajaan pertama yang dibangun oleh dinasti turunan Majapahit yang memerintah Bali setelah kekuasaan Bali Kuna dijatuhkan. Sebelumnya disebutkan bahwa yang memerintah Bali adalah raja yang terkenal bernama Sri Antasura Ratna Bhumibanten.

Berdasarkan bukti - bukti sejarah, keberadaan lukisan kuno yang menggambarkan mata, panah, dan orang yang terdapat di sebuah pura bernama Pura Pusering Jagat di Desa Pajeng (Gianyar) yang didirikan oleh Sri Jayapangus - diketahui bahwa lukisan itu adalah merupakan tahun candra sangkala yang melambangkan tahun saka 1251 atau 1329 Masehi.

Pada waktu itu, telah dinobatkan seorang raja yang bergelar Sri Antasura Ratna Bhumi Banten. Bukti yang lain adalah terdapat sebuah arca di Pura Tegeh  Koripan di Bukit Panulisan yang melambangkan Raja Antasura Ratna Bhumi Banten ketika berkuasa di Bali, yang merupankan dinasti Warmadewa.

Bukti tersebut terdapat di dalam punggung arca berupa sebuah lukisan mata, kapak, dan gunung, yang melambangkan tahun candra sangkala. Arca tersebut dibuat dalam tahun Isaka 1254 atau 1332 Masehi.

Penulis : TImLiputan

Editor : SejarahBali



Sejarah Bali Sejarah Bali Wisata



Tonton Juga :











Sejarah Terpopuler





TRENDING TERHANGAT