Klasik

Kuburan Ari-ari di Desa Bayunggede Kintamani

 Sabtu, 29 Agustus 2015

SejarahBali.com

IKUTI SEJARAHBALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Sejarahbali.com, Buleleng - 
Desa BayungGede, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, ada tradisi unik dalam memperlakukan ari-ari bayi. Di desa ini, ari-ari bayi baru lahir tidak ditanam di pekarangan rumah, melainkan digantung di sebuah kuburan khusus yang oleh warga setempat disebut kuburan ari.
 
 
sebuah tradisi yang berusia ribuan tahun di desa BayungGede Kintamani, Bangli tradisi itupun terkait dengan upacara yadnya ( ritual kelahiran, perkawinan, hingga prosesi kematian) Di desa BayungGede Kintamani, yang namanya plasenta bayi tidaklah dikubur namun digantung pada sebuah pohon, pohonnya pun terbilang langka.
 
 
Pohon tempat menggantung ari-ari itu disebut pohon kayu bungkak, pohon itu terpelihara dengan baik di kuburan ari-ari di desa Bayung Gede.
 
 
Ari-ari bayi hanya boleh dibawa ke kuburan kala subuh atau kala mentari telah terbenam, sangat pantang untuk membawa ari-ari saat mentari masih bersinar. Plasenta sebelum di bawa ke kuburan ari-ari dicuci bersih sebersih-bersihnya, lalu dimasukkan ke batok kelapa serta diikat dengan tali khusus yang disebut salang tabu. Oleh sang ayah, ari-ari kala di bawa ke kuburan mesti di diangkat dengan tangan kiri, sementara tangan kanan membawa sabit. Dengan sabit itulah cabang pohon kayu bungkak di potong ,sebagai tempat gantungan batok kelapa yang berisi plasenta.
 
Kuburan ari-ari terletak di selatan desa dan dikelilingi jalan melingkar yang bisa dilalui kendaraan bermotor. Luasnya sekitar 60 are. Kuburan ini berupa sebuah hutan kecil yang ditumbuhi berbagai pepohonan, terutama pohon bukak.
 
Pohon bukak itu diduga memiliki fungsi yang sama dengan pohon taru menyan di Desa Trunyan, yakni menyerap bau. Itu sebabnya, meskipun di kuburan ini ada banyak ari-ari yang digantung dan sudah berusia lama, sama sekali tak tercium bau tidak sedap.

Penulis : TImLiputan



Sejarah Bali Sejarah Bali Wisata


Tonton Juga :











Sejarah Terpopuler





TRENDING TERHANGAT