Asal usul

Pura Batu Medawu, Nusa Penida

 Jumat, 10 Mei 2019

SejarahBali.com/Istimewa

IKUTI SEJARAHBALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Sejarahbali.com, Bangli - 

Pura Batu Medawu adalah salah satu pura yang ada di Nusa Penida. Pura yang terletak di semenanjung timur ini merupakan salah satu pura yang terbesar di #NusaPenida. Pura ini terletak di Desa Suana, sebelah barat Dusun Semaya. Status pura ini adalah pura sad kahyangan dan merupakan satu di antara tiga Pura Tri Purusa di Nusa Penida.

Pura Tri  Purusa adalah tiga pura utama yang berada di Nusa Penida yaitu Pura Dalem Ped, Pura Puncak Mundi dan Pura Batu Medawu. Ketiga pura ini diyakini sebagai cikal bakal pura dan peradaban budaya masyarakat Nusa Penida.

Baca juga: Pelinggih Mobil di Pura Paluang Nusa Penida, Klungkung

Nama Batu Medawu berasal dari kata perahu medah batu atau perahu yang membelah batu. Keterangan ini diperkuat dengan cerita babad Nusa Penida yang mengisahkan tentang I Renggan salah satu cucu Dukuh Jumpungan yang mau menaklukkan Bali dengan perahu saktinya. Ia diyakini mampu membuat setiap daratan yang dilewati perahu tersebut menjadi lautan.

Kemudian, Bhatara Toh Langkir yang mengetahui keinginan tersebut maka dibuatlah I Renggan tidak bisa mengendalikan perahu tersebut dan tertidur pulas. Perahu tersebut terdampar di Manggis, Karangasem dan menabrak pulau yang ada di sana sehingga pulau tersebut terbelah dan menyisakan pulau kecil-kecil seperti yang kita lihat sekarang di sekitar Padang Bai.

Kemudian dari kegagalannya tersebut, I Renggan kembali ke Nusa Penida tepatnya di timur pulau. Bermaksud menambatkan perahunya di sana, ternyata perahu yang tidak terkendali dengan sempurna malah lewat ke pantai dan membelah gundukan batu yang ada disana.

Baca juga: Pura Krangkeng, Nusa Penida, Klungkung

Mungkin sudah menjadi titah Hyang Widhi bekas perahu I Renggan tersebut dibuat suatu tempat pemujaan yang kini di sebut Pura Batu Medawu. Hal yang makin menguatkan cerita tersebut bisa dilihat dari sebuah simbolisasi berupa bangunan yang mirip ekor perahu yang seolah-olah menggambarkan perahu membelah gundukan batu. Bangunan ini dapat kita jumpai di Pura Batu Medawu tepat di Pura Segaranya.

Penulis : TImLiputan



Sejarah Bali Sejarahbali Pura Batu Medawu Nusa Penida



Tonton Juga :



Asal usul Lainnya :










Sejarah Terpopuler





TRENDING TERHANGAT