Asal usul

Sejarah Pantai Pandawa Bali

 Senin, 28 Agustus 2017

SejarahBali.com

IKUTI SEJARAHBALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Sejarahbali.com, Gianyar - 
Seperti sudah diketahui umum, nama pantai pandawa memiliki makna tersendiri berhubungan dengan sejarah pantai ini. Sebelum menjadi terkenal seperti sekarang ini, pantai pandawa adalah pantai yang memang indah dan alami, tapi tersembunyi. Penamaan secret beach sangat cocoki untuk pantai ini waktu itu. Wisatawan yang berkunjung ke pantai ini biasanya hanya mengetahui mengenai pantai ini berdasar berita dari mulut ke mulut. Apalagi, akses masuk ke pantai ini cukup sulit.
 
 
Nama awal dari pantai pendawa ini yakni pantai melasti. Pada awalnya di pantai pandawa ini sering diselenggarakan upacara Melasti, upacara ini merupakan bagian dari upacara hari raya Nyepi untuk umat Hindu. Di acara upacara ini, warga Hindu biasanya bersembahyang di tepi pantai dengan maksud untuk mensucikan diri dari semua perbuatan buruk di masa silam.
 
 
Salah satu diantara yang menarik setiap datang ke pantai Bali adalah anda bisa melihat langsung begitu kuatnya budaya Hindu dan bagaimana mereka melestarikan tradisi tersebut dengan baik. Melalui kekuatan budaya inilah pada akhirnya Bali berhasil menjadi tujuan wisata dunia seperti sekarang  ini. Membicarakan mengenai pantai indah di Bali dengan nilai budaya yang juga masih sangat kental sobat harus datang ke Uluwatu.
 
 
Sejarah pantai pandawa, Kira kira tahun 2010an , pengunjung terutama asing, semakin dibikin penasaran dengan adanya secret beach ini, karena selain tempatnya yang masih alami, dan pasir putihnya yang begitu halus, ombak di pantai ini pun cocok untuk berselancar atau surfing.
 
Akhirnya pada 27 desember  tahun  2012 diadakanlah Pandawa Beach Festival kali pertama di Pantai Melasti atau Secreet Beach sejak saat itu  pantai ini resmi di ganti dengan nama PANTAI PANDAWA, yang melambangkan sebuah filosofi seperti pandawa yang sudah disebut di atas. Pemerintah juga memperbaiki jalan  agar wisatawan bisa dengan mudah datang ke pantai ini. Hal ini sesuai dengan filosofi pandawa yang harus membangun terowongan untuk mendirikan kerajaan baru.

Penulis : TImLiputan



Sejarah Bali Sejarah Bali Wisata



Tonton Juga :



Asal usul Lainnya :










Sejarah Terpopuler





TRENDING TERHANGAT