Asal usul

Sejarah Wisata Pantai Sanur

 Senin, 28 Agustus 2017

SejarahBali.com

IKUTI SEJARAHBALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Sejarahbali.com, Badung - 
Pantai Sanur merupakan salah satu pantai yang terdapat di Pulau Bali yang menarik dan wajib dikunjungi. Terkenal dari panorama alamnya yang indah sejak jaman dahulu. Di dalam sebuah sejarah Bali kuno, Pantai Sanur sudah dikenal dengan keindahannya, hal ini sudah tercantum dalam sebuah Prasasti Raja Kasari Warmadewa.
 
 
Dan sekarang Prasasti tersebut terdapat di daerah Blanjong tepatnya di bagian selatan Pantai Sanur. Dan pada masa Kolonial Belanda, Pantai Sanur ini dikenal sebagai lokasi pendaratan untuk para bala tentara Belanda ketika akan menyerang Kerajaan Badung. Perang yang terjadi pada tahun 1906 yang dikenal dengan Puputan Badung yaitu semangat perang sampai mati.
 
 
Pantai Sanur pertama kali dikenal di dunia internasional oleh seorang pelukis yang berasal dari Belgia bernama A. J. Le Mayeur yang datang ke Bali pada tahun 1932. Dia melihat daya tarik yang dimiliki oleh Pantai Sanur yang begitu indah dan menawan. Maka Le Mayeur memutuskan untuk tinggal dan menetap disana, dengan mendirikan sanggar lukis dan akhirnya dia menikah dengan salah satu gadis Bali
 
 
seorang penari legong terkenal yang bernama Ni Nyoman Pollok yang juga merupakan salah satu model lukisannya. Dan melalui lukisan Le Mayeur akhirnya Pantai Sanur mulai dikenal di dunia. Dan sanggar lukis yang dibangun sebelumnya kini dijadikan Museum Le Mayeur yang masih berlokasi di dalam area wisata Pantai Sanur dan dapat dikunjungi oleh publik.

Penulis : TImLiputan



Sejarah Bali Sejarah Bali Wisata


Tonton Juga :



Asal usul Lainnya :










Sejarah Terpopuler





TRENDING TERHANGAT