IDA BAGUS OKA WIRJANA SANG MAESTRO TARI KLASIK BALI YANG FENOMENAL

  • 13 Oktober 2020

Tarian tradisional menjadi salah satu kesenian yang menjadi kebanggaan masyarakat Bali. Apalagi, Bali dikenal sebagai wilayah yang benar-benar menghargai seni.

Berbicara tentang seni tradisional, tidak bisa lepas dari penarik lasik yang fenomenal, yaitu Ida Bagus Oka Wirjana. Ida Bagus Oka Wirjana yang juga dikenal dengan nama Ida Bagus Oka Blangsinga, merupakan sosok yang benar-benar mendedikasikan hidupnya untuk seni tari tradisional Bali.

Beliau lahir pada tahun 1929 dan mengembuskan nafas terakhirnya pada 3 Februari 2017. Saat kematiannya, Bali berduka apalagi beliau memiliki jasa besar dalam perkembangan dunia seni di Bali.

Oka Wirjana lahir di Banjar Blangsinga yang ada di Desa Saba, Kecamatan Blahbatuh. Gelar maestro penari tradisional Bali klasik didapatkan oleh Oka Blangsinga dengan perjuangan keras dan dedikasi tinggi.

Tidak tanggung-tanggung, Oka Wirjana telah memulai pelajaran menarinya ketika masih berusia 8 tahun. Tarian pertamanya adalah menari baris yang dipelajari dengan mengamati pamannya sendiri, Ida Bagus Kompiang.

Setelah itu, Oka Blangsinga mendapatkan pengetahun tentang dunia tari saat mengenyam pendidikan sekolah rakyat di Tabanan. Saat itu, Indonesia masih dalam masa penjajahan oleh negara Jepang.

Di tengah keterbatasan hidup yang dijalani oleh Oka Blangsinga. Beliau memiliki kesempatan untuk menyaksikan secara langsung maestro tari kebyar duduk.

Yaitu I Ketut Mariya yang tengah mengajar tari. Tari kebyar duduk inilah modal bagi Oka Wirjana mendedikasikan hidupnya untuk perkembangan seni tari bali, tari kebyar duduk membuat nama Oka Blangsinga terkenal sebagai maestro di tingkat dunia.

Beliau pernah melakukan pertunjukan tari kebyar duduk di hadapan para pesohor dan pejabat dunia. Pengalaman ini tidak akan pernah dilupakan oleh Oka Blangsinga.

Komentar