Kultur

Asal Usul Tirta Klebutan Di Taman Beji Cengana

 Rabu, 16 November 2022

Sejarahbali.com

IKUTI SEJARAHBALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Sejarahbali.com, Denpasar - 

Tirta Klebutan di Pura Taman Beji Cengana di Desa Adat Darmasaba, Badung, selain dipercaya nunas Taksu serta pembersihan diri. Tersemat juga asal usul cerita ditemukannya Tirta Klebutan yang tepat berada di pinggir Tukad Cengana tersebut.

Menurut, Bendesa Adat Darmasaba, I Made Suardana di Darmasaba menceritakan, konon salah satu tetua di Desa Darmasaba akan membangun rumah.Dirinya kala itu harus mencari bahan bangunan, salah satunya berupa batu paras.

Saat pencarian batu paras tepat berada di sisi tukad, tanpa disengaja saat menggali paras terlihatlah sumber Tirta tersebut. Ditemukannya sumber Tirta tersebut selanjutnya, Dirinya membuat Pancoran dengan menggunakan sebatang bambu.

Selanjutnya diceritakan juga, para penguasa wilayah Darmasaba kala itu bernama Ki Bendesa.Beliau hobi memancing dan memasang bubu di sungai. Setelah Ki Bendesa sering melewati tempat air yang sebelum dikatakan taman pancoran kala itu.

Setiap pagi bubu telah dipasang di sungai selalu berganti dengan daun pandan. Saking penasarannya Ki Bendesa akhirnya mengitip siapa kira-kira orang yang mengganti pancoran telah dipasangnya. Setelah beliau bersembunyi dan sambil mengintip akhirnya, Beliau melihat para wanita cantik (Dedari) yang sedang mandi di pancoran.


Halaman :


Sejarah Bali Bali Sejarah Asal Usul Tirta Klebutan Taman Beji Cengana



Tonton Juga :













TRENDING TERHANGAT