Cerita

Catatan Perbaikan Masjid Nurul Huda Kampung Gelgel, tahun 1860

 Senin, 13 Mei 2019

kampungislamgelgel.com

IKUTI SEJARAHBALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Sejarahbali.com, Bangli - 

Bali dikenal sebagai pulau dewata dengan penduduk mayoritas beragama Hindu. Sedangkan Islam merupakan agama minoritas terbesar dengan jumlah penganut sebesar 520ribu jiwa atau setara dengan 13,37 persen dari total penduduk Bali yg sdg mencapai 4.2juta (Data thn 2018).

Di tengah-tengah kehidupan masyarakat Hindu yang sarat dengan ritual dan tradisinya yang kental, masyarakat Muslim Bali mampu berbaur dengan umat mayoritas dengan nuansa toleransi yang indah, dan menjadi warna tersendiri bagi para wisatawan.

Kampung Gelgel dipercaya sebagai permukiman muslim tertua di Bali. Dari kampung Gelgel Klungkung  inilah sejarah lahir dan tumbuhnya komunitas Islam di Pulau Dewata.

Di kampung ini banyak ditemukan jejak-jejak penyebaran Islam, salah satunya adalah Masjid Nurul Huda, sebuah masjid tertua di Bali, sehingga tidak mengherankan Gelgel disebut sebagai kampung Islam.

Saat ini setidaknya ada sekitar 280 kepala keluarga atau sekitar 700 jiwa yg hidup di desa tersebut. Selain itu, di Desa Gelgel, terdapat tradisi “Rodatan” yakni sebuah pentas musik islami yg dimainkan warga sekitar pada bulan-bulan tertentu.

Islam diyakini sudah menyebar di Desa Gelgel sejak lama. Penduduk sekitar percaya bahwa sejarah masuknya Muslim ke desa mereka berawal saat Raja Gelgel, Ketut Dalem Klesir, berkunjung ke Majapahit. Saat pulang ke Klungkung, Ketut Dalem dikawal empat puluh prajurit muslim dari Majapahit.
Sebagian prajurit ini kemudian tak kembali ke Majapahit. Dengan seizin raja, mereka memilih untuk menetap di Klungkung, mendirikan Masjid Nurul Huda, dan berketurunan.

Pasukan Muslim Majapahit inilah yang dipercaya sebagai penyebar Islam pertama di Bali. Hingga kini Masjid Nurul Huda tetap terawat dengan baik dan menjadi kebanggaan warga setempat.

Sementara hubungan antara warga muslim kampung Gelgel dan masyarakat Hindu sekitarnya juga berjalan harmonis dan penuh toleransi.

Penulis : TImLiputan



Sejarah Bali Sejarah Bali Kampung Islam Gelgel Klungkung Masjid Muslim Toleransi



Tonton Juga :











Sejarah Terpopuler





TRENDING TERHANGAT