Cerita

Sejarah Berdirinya Pasar Sukawati, Direvitalisasi Mirip Mall

 Kamis, 15 Juni 2023

Sejarah Berdirinya Pasar Sukawati, Direvitalisasi Mirip Mall

IKUTI SEJARAHBALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Sejarahbali.com, Gianyar - 

Berdirinya Pasar Sukawati tidak lepas dari kisah pedagang kerajinan patung dari Sukawati. Pada tahun 1983 beberapa pedagang kerajinan patung asal Sukawati yang tidak punya lapak berjualan keliling di Banjar Baluan, Kota Denpasar. Namun mereka sering ditertibkan oleh petugas ketertiban daerah setempat. Mereka lalu menghimpun diri untuk menyampaikan hal ini kepada pihak desa dan Kecamatan Sukawati.

Hasilnya ada kesepakatan, bahwa pihak desa dan kecamatan menyetujui untuk meminjamkan tempat di Banjar Tebuana dan Banjar Tangluk, Desa Sukawati, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar. Tempat ini statusnya milik Desa Adat Sukawati, dan para pedagang boleh menggunakannya untuk berjualan namun bersifat sementara.

Pada pertengahan tahun 1983, Pemerintah Daerah (Pemda) Gianyar memprakarsai pembebasan tanah di lokasi pasar saat ini (Blok B). Kemudian di lokasi tersebut dibangun satu unit bangunan sebagai gedung Pasar Seni Sukawati. Pada tanggal 25 Mei 1985, gedung ini diresmikan oleh Gubernur Bali kala itu, Prof Dr Ida Bagus Mantra. Para pedagang berjualan di tempat ini dan mulai dikenal oleh para wisatawan yang datang ke Bali pada saat itu.

Setelah Pasar Seni Sukawati mulai dikenal dan sering dikunjungi wisatawan, para pengrajin di Sukawati juga mulai banyak yang tertarik untuk berjualan di tempat ini. Karena itu pada awal tahun 1990, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gianyar melakukan pembangunan di Pasar Seni Sukawati.


Halaman :


Sejarah Bali Bali Sejarah


Tonton Juga :











Sejarah Terpopuler





TRENDING TERHANGAT