Terpopuler

5 Sejarah Peperangan Di Bali

 Senin, 17 Oktober 2022

Sejarahbali.com

IKUTI SEJARAHBALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Sejarahbali.com, Denpasar - 

1. INGIN SELAMATKAN MASYARAKAT I GUSTI NGURAH RAI MEMILIH TITIK PUPUTAN DI MARGA

Tempat pertempuran puputan margarana dipimpin Bapak I Gusti Ngurah Rai bersama pasukan Ciung Wanara di Kecamatan Marga, Tababan, Bali yang terkenang sampai saat ini.

Menurut, Budayawan, Praktisi dan Akademisi, Dr. Ir Wayan Windia menyampaikan, tempat pertempuran tersebut dipilih bukan tanpa alasan, pertama ingin menyelamatkan masyarakat karena, jauh dari pemukiman dan jangan sampai masyarakat menjadi korban dari perang berkecambuk antara pasukan Belanda dan pasukan I Gusti Ngurah Rai.

2. PUPUTAN MARGARANA, AKSI HEROIK MENGUSIR PENJAJAH DI TANAH BALI

Sengitnya pertempuran Puputan Margarana melibatkan pasukan Ciung Wanara dipimpin Letnan Kolonel I Gusti Ngurah Rai dengan Belanda sampai saat ini masih di kenang masyarakat Bali.

Selain itu banyak juga cerita di balik heroiknya Puputan Margarana kala itu di Desa Marga, Tabanan salah satunya disampaikan, Budayawan, Praktisi dan Akademisi, Dr. Ir Wayan Windia.

3. NAMA DAN PASUKAN CIUNG WANARA HANYA BERUMUR SATU HARI

Semua masyarakat Bali pasti mengetahui bagaimana sengitnya pertempuran Puputan Margarana masa itu di Kecamatan Marga, TabaNan Bali.

Pertempuran bermula dari perintah Bapak I Gusti Ngurah Rai kepada pasukannya untuk melucuti persenjata polisi NICA saat itu.


Halaman :


Sejarah Bali Bali Sejarah Pertempuran Puputan Margarana Aksi Heroik Mengusir Penjajah Di Tanah Bali Pasukan Ciung Wanara Puputan Badung Puri Pemecutan Denpasar



Tonton Juga :



Terpopuler Lainnya :










Sejarah Terpopuler





TRENDING TERHANGAT